Langsung ke konten utama

Laporan Tetap Dasar-Dasar Ilmu Tanah Kelompok 1. Fakultas Pertanian Universitas Mataram

LAPORAN TETAP
PRAKTIKUM DASAR-DASAR ILMU TANAH


DISUSUN OLEH
KELOMPOK 1
                    Nama :  1. Abdul Muhlis                   { C1G016001 }
                                2. Adelia Kusuma Ningrum   { C1G016002 }
                                3. Agustini                           { C1G016003 }
                                4. Ahmad Afandi                  { C1G016004 }
                                5. Alpian Bukhari                  { C1G016005 }                                                               6. Alya Hayani Izzati             { C1G016006 }
                                7. Amriyan Septepawan        { C1G016007 }
                                8. Ana Mariani                      { C1G016008 }







PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS MATARAM
2017
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan ini disusun dan disahkan sebagai salahsatu bukti telah menyelesaikan praktikum dan syarat untuk mengikuti Respon Akhir.

Mataram, 14 Juni 2017

Penyusun,


                        Abdul Muhlis                                                  Adelia Kusuma N.
                        NIM.C1G016001                                           NIM.C1G016002


                        Agustini                                                          Ahmad Affandi
                        NIM.C1G016003                                           NIM.C1G016004


                        Alpian Bukhari                                                Alya Hayani Izzati
                        NIM.C1G016005                                           NIM.C1G016006


                        Amriyan Septepawan                                         Ana Mariani
                        NIM. C1G016007                                          NIM.C1G016008

Menyetujui,
Asisten Praktikum


Putri Cahyaning Pertiwi
NIM.C1M014168



KATA PENGANTAR
Puji syukur panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat, taufik, fan hidayahnya sehingga Laporan Tetap Praktikum Dasar-dasar Ilmu Tanah ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi kita, Nabi Muhammad SAW. Adapun tujuan pembuatan laporan ini adalah untuk lebih memahami lagi tentang Dasar-dasar Ilmu Tanah. Laporan ini dibuat berdasarkan hasil praktikum mingguan, kami menyadari bahwa dalam laporan praktikum ini terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh karna itu, kritik dan saran sangat diharapkan untuk kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.









Penyusun, 



DAFTAR ISI
SAMPUL ……………………………………………………………………………………. i
HALAMAN PENGESAHAN ………..……………………………………………………. ii
KATA PENGANTAR ………………..…………………………………………………… iii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………...iv
DAFTAR TABEL…………………………………………………………………………… v
BAB I. PENDAHULUAN ……………….……………………………………..……………1
1.1.            Latar Belakang ……………………………………………………………… .1
1.2.            Tujuan..............................................………...................................................... 3
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA ……………..…………………………………………… 5
            2.1. Kadar Lengas Tanah ………….…………………………………………………. 5
            2.2. Tekstur Tanah …………………………………………………………………… 6
            2.3. Struktur Tanah ……………………………………………………………………7
            2.4. Kemasaman Tanah (pH) ……….…………………………………………………8
            2.5. Konsistensi Tanah ………………………………………………………………..9
            2.6. Warna Tanah dan Praktikum lapangan …………………………………………10
BAB III. METODE PRAKTIKUM ………………………………………………………13
            3.1. Waktu dan Tempat………………………………………………………………13
            3.2. Alat dan Bahan ………………………….………………………………………13
            3.3. Prosedur Praktikum …………………….……………………………………….13
BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN …………………………………………………..17
            4.1. Kadar Lengas Tanah …………………………………………………………….17
            4.2. Tekstur Tanah …………………………….……………………………………..19
            4.3. Struktur Tanah …………………………….…………………………………….20
            4.4. Kemasaman Tanah (pH) …………………….…………………………………..22
            4.5. Konsistensi Tanah ………………………………………………………………23
            4.6. Warna Tanah dan Praktikum Lapangan ……….………………………………..25
BAB V. PENUTUP …………………………………………………………………………28
            5.1. Kesimpulan …………………………………….………………………………..28
            5.2. Saran …………………………………………….………………………………30
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………….31
LAMPIRAN


DAFTAR TABEL
Tabel 4.1.1.     Tabel Hasil Percobaan Kadar Lengas ……………………………………….17
Tabel 4.2.1.     Tabel Hasil Percobaan Tekstur Tanah ……….………………………………19
Tabel 4.3.1.     Tabel Hasil Percobaan Struktur Tanah ………………………………………20
Tabel 4.4.1.     Tabel Hasil Percobaan kemasaman Tanah ( pH ) ….………………………..22
Tabel 4.5.1.     Tabel Hasil Percobaan konsistensi Tanah ………….………………………..23
Tabel 4.6.1.     Tabel Hasil Percobaan Warna Tanah dan Praktikum Lapangan …………….25


                                         BAB I. PENDAHULUAN       
1.1.            Latar Belakang
Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah dapat dipelajari melalui beberapa disimplin ilmu yaitu, ilmu kimia tanah, fisika tanah, biologi tanah, mineralogy tanah, klasifikasi tanah, mikrobiologi tanah, pedologi dan lain-lain. Komponen-komponen penyusun tanah sepeti bahan organik, mineral, air, dan udara ini tersusun satu sama lain sehingga membentuk tubuh tanah. Pada umumnya tanah berbeda-beda disetiap tempat, hal ini dipengaruhi oleh iklim, topografi, bahan induk, dan kandungan air dalam tanah.
             Kadar lengas atau kandungan air yang tedapat didalam tanah ini terikat oleh berbagai kakas (matriks, osmosis, dan kapiler). Kakas mengikat sejalan dengan peningkatan permukaan jenis zarah dan kerapatan muatan elektrostatik zarah tanah. Satuan untuk menyatakan kadar lengas tanah dapat berupa persen berat atau persen volume. Lengas sangat berperan penting dalam proses genesa tanah, keberlangsungan hidup tanaman dan renik tanah. faktor-fakor yang mempengaruhi kadar lengas tanah adalah iklim, kandungan bahan orgnik, lempung tanah, dan relief keadaan tanah. Adapun faktor-faktor lain yang mempengaruhi jenis tanah adalah tekstur tanah dan struktur tanah.
Tekstur tanah adalah perbandingan relief halus kasarnya fraksi-fraksi  debu, liat, dan pasir dalam bentuk persen. Tekstur tanah sangat erat hubungannya degan kekerasan, permeabilitas, plastisitas, kesuburan dan produtivitas tanah pada daerah tertentu. Suatu kelas tekstur mempunyai batasan susunan tertentu dari fraksi pasir, debu dan liat. Pembagian kelas tekstur tanah menurut USDA dibagi menjadi 12 tekstur tanah. Tekstur tanah berfungsi menentukan tata air di dalam tanah yaitu berupa fenetrasi, kecepatan infiltrasi, kemampuan, mengikat air dan ini sangat berguna bagi perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Faktor-faktor yang mempengaruhi tekstur tanah adalah iklim, topografi, dan bahan induk. Tekstur tanah bersifat fisik, selain tekstur tanah struktur tanah juga bersifat fisik.
Struktur tanah merupakan sifat fisik tanah yang menggambarkan susunan ruangan partikel-partikel tanah yang bergabung satu sama lain membentuk agregat dari hasil proses pedogenesis. Struktur tanah berhubungan dengan partikel pasir, debu, dan liat yang disusun satu sama lain. Stuktur tanah yang baik adalah megandung udara dan air dalam jumlah cukup dan seimbang serta mantap. Struktur seperti ini hanya terdapat pada ruang pori-pori besar dengan perbandingan yang sama antara pori-pori makro dan mikro serta tahan terhadap kekuatan tetesan air hujan. Struktur tanah terdiri dari granular, remah, tiang, prisma, gumpal, dan lempung. Tanah berstruktur granular dan remah yang baik bagi pertumbuhan tanaman. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan struktur tanah adalah kandungan bahan organik, aktivitas makhluk hidup, tekstur, prakaran, organisme, bahan induk dan erosi. Karena struktur dan tekstur tanah termasuk sifat fisik tanah maka pH tanah termasuk sifat kimia tanah.
Kemasaman tanah  adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman yang dimiliki oleh suatu larutan dan didefinisikan sebagai kologaritma aktivitas ion hydrogen (H+) yang terlarut. Kemasaman pada suatu larutan tanah dikatakan netral  jika mengandung pH=7, tapi jika pHnya kurang dari 7 maka disebut masam atau sebaliknya jika pH lebih dari 7 maka disebut basa. Skala pH bukanlah skala absolut tapi skala pH bersifat relatif terhadap sekumpulan larutan standar yang pHnya tentukan berdasarkan persetujun internasional. Kemasaman tanah sangat mempengaruhi status ketersedian dan kesimbangan unsure hara yang dibutuhkan tanaman karena menentukan mudah tidaknya unsur- unsur hara diserap tanaman. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pH tanah antara lain bahan induk, pengendapan, vegetasi alami, pertumbuhan tanah, dan kedalaman tanah. Tanah yang terlalu masam dapat dinaikan pHnya dengan zat kapur sedangkan tanah yang terlalu basa dapat turunkan dengan menambahkan zat belarang.
Konsistensi tanah menunjukan daya kohesi butir-butir  tanah atau gaya adhesi butir-butir tanah dengan benda lain . Hai ini di tunjukan oleh daya tahan tanah terhadap gaya yang akan mengubah bentuk . Gaya tersebut misalnya pencngkulan , pembajakan , dan lain sebagainya . Tanah yang mempunyai konsistensi baik pada umumnya mudah di olah dan tidak melekat pada alat pengolah. Penetapan konsistensi tanah  dapat dilakukan dalam tiga kondisi yaitu basah,kering ,dan lembab . Konsistensi tanah basah merupakan konsistensi tanah pada kondisi kadar air tanah di atas kapasitas lapang . Konsistensi lembab merupakan konsistensi tanah pada kondisi tanah kering udara . Peningkatan konsistensi tanah merupakan harga mutlakdan sangat peka terhadap keadaan lingkungan . tekanan serta berbagai keuletan yang mempengaruhi bentuk tanah. Selain menentukan langkah pengolahan tanah yang tepat konsistensi juga menetukan kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman . Konsistensi mempengaruhi kadar air dan oksigen dalam tanah yang merupakan kebutuhan sesuai pertumbuhan tanaman.
Warna tanah juga merupakan sifat fisik tanah selain dari struktur dan tekstur tanah. Warna tanah juga merupakan salah satu air tanah yang jelas dan mudah dilihat. Warna tanah juga dapat menjadi menunjuk proses pedogenesis yang telah dijalani tanah dan merupakan komponen yang menunjol. Warna tanah sangat ditentukan oleh luas permukaan spesifik yang dikali dengan proporsi volumetrik masing-masing terhadap tanah. Makin luas permukaan spesifik menyebabkan semakin dominan menentukan warna tanah. Warna tanah dibedakan berdasarkan tiga faktor dasar berupa komponen warna, yaitu hue, value, dan chroma yang mendasari penyusun variasi warna pada munsell soil colour chart. Hue adalah warna spectrum yang dominan sesui dengan panjang glombangnya. Value menunjukan gelap terangnya warna sesuai dengan banyak sinar yang dipantulkan. Chorma menunjukan kemurnian atau kekuatan dari warna spectrum (hue).
Penyebab perbedaan warna tanah umumnya oleh perbedaan kandungan bahan organik. Jika tanah mengandung bahan organik yang tinggi maka warna tanah adalah gelap. Sedangkan jika lapisan tanah, kandungan bahan organik rendah karena warna tanah dipengaruhi oleh banyaknya dan bentuk senyawa Fe yang didapat. Selain bahan organik warna tanah juga dipengaruhi oleh iklim dan curah hujan. Dengan menentukan warna tanah dapat diketahui tanah yang mengandung bahan organik yang cukup untuk pertumbuhan dan berkembangan tanaman.
Oleh karena itu penting untuk melakukan praktikum lapangan karena dapat menuntukan kadar lengas tanah, struktur dan tekstur tanah, pH tanah, dan warna tanah. Dengan mengetahui semua itu maka tanaman akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi dibidang pertanian diperlukan pengetahuan mengenai kadar lengas, stuktur, tekstur dan warna tanah serta pH tanah, karena akan membantu perkembangan dan pertumbuhan tanaman dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian.

1.2.            Tujuan Praktikum
Tujuan dari praktikum ini adalah
1.      Untuk mengetahui dan mempelajari cara menetapkan kadar lengas contoh tanah kering udara.
2.      Menentukan kelas tekstur tanah secara kualitatif dan kuantitatif.
3.      Menghitung kerapatan butir tanah (BJ).
4.      Menghitung kerapatan massa tanah (BV).
5.      Menghitung porositas tanah.
6.      Menentukan pH aktual.
7.       Menetapkan batas cair tanah ( BC ).
8.      Menetapkan batas lekat tanah ( BL ).
9.      Menetapkan batas gulung tanah ( BG ).
10.  Menetapkan batas berubah warna ( BBW ).
11.  a . Menghitung  jangka olah tanah  (JO).
b . Menghitung Indeks plastisitas (IP).
c . Menghitung persediaan air maksimum  (PAM).
12.  Menentukan warna tanah.
13.  Untuk mempelajari saifat-sifat dari beberapa jenis tanah pada setiap lapisan dilapangan.
14.  Mengetahui kandungan bahan organik.



BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1.      Kadar Lengas Tanah
            Tanah adalah produk transformasi mineral dan bahan organik yang terletak di permukaan sampai kedalaman tertentu yang dipengaruhi oleh faktor genetis lingkungan, yakni bahan induk, iklim,organisme hidup (mikroorganisme dan makroorganisme),topografi, dan waktu yang sangat panjang. Tanah dapat dibedakan dari ciri-ciri bahan induk asalnya baik secara fisik, kimia, biologi, maupun morfologinya. Komponen-komponen penyusun tanah antara lain, bahan organic, mineral, air, dan udara yang tersususn satu sama lain sehingga membentuk tubuh tanah. Pada umumnya tanah berbeda beda disetiap tempat. Hal ini dipengaruhi oleh bahan induk, iklim, topografi, dan organisme  yang bekerja didalam tanah (Hardjowigeno, 1995).
Lengas tanah atau kelembaban tanah merupakan air yang terikat secara adsorbtif pada permukaan butir-butir tanah. Penyerapan air oleh perakaran tergantung pada persediaan kelembaban air dalam tanah. Kapasitas simpanan tanah tergantung pada tekstur, kedalaman dan struktur tanah. Ketersediaan lengas tanah tergantung pada potensial air, distribusi akar, dan suhu (Asmiwarti, 2010).
Kadar lengas tanah sering disebut sebagai kandungan air(moisture) yang terdapat dalam pori tanah. Satuan untuk menyatakan kadar lengas tanah dapat berupa persen berat atau persen volume. Berkaitan dengan istilah air dalam tanah, secara umum dikenal 3 jenis, yaitu (a) lengas tanah (soil moisture) adalah air dalam bentuk campuran gas (uap air) dan cairan; (b) air tanah(soil water) yaitu air dalam bentuk cair dalam tanah, sampai lapisan kedap air, (c) air tanah dalam (ground water) yaitu lapisan air tanah kontinu yang berada ditanah bagian dalam. Keadaan kelembaban tanah yang tanahnya tidakmemungkinkan lagi tanaman menyerap air darinya, sehingga tanaman mengalami kekeringan dan mulailayu (mencapai titik layu) dan mungkin akan mati kalau tigdak mendapat tamabahan air (Mawardi, 2011).
            Beberapa faktor yang memepengaruhi kandungan lengas dalam tanah antara lain anasir iklim, kandungan bahan organik, fraksi lempung tanah, topografi, dan adanya bahan penutup tanah baik organik maupun anorganik. Bahan organik dalam tanah dapat didefinisikan sebagai sisa-sisa tanaman dan hewan di dalam tanah pada berbagai pelapukan dan terdir dari organisme yang masih hidup ataupun yang sudah mati. Didalam tanah, bahan organik bisa berfungsi dan memperbaiki sifat kimia, fisika, biologi tanah sehingga ada sebagian ahli menyatakan bahwa bahan organik di dalam tanah memiliki fungsi yang tak tergantikan (Masganti, 2002).
            Manfaat mengetahui kadar lengas tanah pada bidang pertanian yaitu untuk mengetahui kebutuhan air pada tanah yang akan digunakan. Karena air bersifat sebagai pelarut, maka air dapat melarutkan senyawa-senyawa kimia dalam tanah. Senyawa kimia yang mudah larut biasanya berupa garam-garam mineral. Hal tersebut akan mempengaruhi kandungan unsur hara dalam tanha yang akan diserap akar-akar tanaman (Sutanto, 2005).
2.2.   Tekstur Tanah
       Tanah terdiri dari butir-butir yang berbeda dalam ukuran dan bentuk, sehingga diperlukan istilah-istilah khusus yang memberikan ide tentang sifat teksturnya dan akan memberikan petunjuk tentang sifat fisiknya. Untuk ini digunakan nama kelas seperti pasir, debu, liat, dan lempung. Nama kelas dan klasifikasinya ini merupakan hasil riset bertahun-tahun dan lambat laun digunakan sebagai patokan. Tiga golongan pokok tanah yang kini umum dikenal adalah  pasir, liat, dan lempung ( Buckmandan Brady, 2006 )
       Tekstur tanah dapat menentukan sifat-sifat fisik dan kimia serta ineral tanah dapat dibagi atas kelompok-kelompok tertentu berdasarkan ukuran berdasarkan ukuran partikelnyatanpa melihat komposisi kimia,warna, berat, dan sifat lainnya. Analisis laboratorium yang mengisahkan hara disebut analisa mekanis. Sebelum analisa mekanis dilaksanakan, contoh tanah yang kering udara dihancurkan lebih dulu disaring dan dihancurkan dengan ayakan dibuang. Metode ini merupakan metode hidrometer yang membutuhkan ketelitian dalam pelaksanaan ( Hakim, 2007 )
       Kasar dan halusnya tanah dalam klasifikasi tanah (taksonomi tanah) ditunjukkan dalam sebagian butir yang yang merupakan penyederhanaan dari kelas tekstur tanah dengan memperhatikan pula fraksi tanah yang lebih kasar dari pasir (>2 mm), sebagian besar butir untuk fraksi kurang dari 2 mm meliputi berpasir lempung, berpasir, berlempung halus, berdebu kasar, berdebu halus, berliat halus, dan berliat sangat halus ( Hardjowigeno, 2006 ).
       Tanah yang didominasi pasir akan mempunyai banyak pori-pori makro (besar) disebut lebih poreus, tanah yang didominasi debu akan banyak mempunyai pori-pori mikro (kecil) atau tidak poreus. Hal ini berbanding kebalik dengan luas permukaan yang terbentuk, luas permukaan mencerminkan luas situs yang dapat bersentuhan dengan air, energi, atau bahan lain. Sehingga semakin dominan fraksi pasir akan makin kecil daya menahan tanah terhadap ketiga material ini (Ali,2007).
       Tekstur tanah merupakan salah satu sifat tanah yang mempengaruhi kepekaan tanah terhadap erosi dimana tanah dengan tekstur kasar seperti pasir adalah tahan terhadap erosi, karena butiran-butiran yang besar (kasar) tersebut memerlukan lebih banyak tenaga untuk mengangkat. Tekstur halus seperti liat, tahan terhadap erosi karena daya rekat yang kuat sehingga gumpalannya sukar dihancurkan. Tekstur tanah yang paling peka terhadap erosi adalah debu yang pasirnya sangat halus. Oleh karena itu makin halus kandungan debu dalam tanah, maka tanah menjadi ebih peka terhadap erosi ( mo_full.php).
2.3. Struktur Tanah
       Struktur tanah dapat dibagi dalam struktur makro dan agregat-agregat tanah satu dengan yang lainnya sedangkan struktur mikro adalah penyusun butir-butir primer tanah kedalam butir-butir majemuk/ agregat-agregat yang satu dengan yang lain dibatasi oleh bidang-bidang belah alami. Struktur tanah menggambarkan cara bersatunya partikel-partikel primer tanah ( pasir,debu,liat) menjadi butir-butir tanah. Agregat yang terbentuk scara alami dinamakan ped. Struktur tanah dijelaskan dalam bentuk ukuran dan tingkatan perkembangan ped yang berkembang (Ariyanto,2010).
       Menurut bentuk ped, struktur tanah dapat digolongkan dalam bentuk lempeng, prismatic, kolumnar, kubus menyudut, kubus membulat, kersay, dan remah. Tanah yang tidak membentuk struktur dapat berupa butiran tnggal atau massif( massa tanah tidak menunjukan bidang-bidang pemisah). Klasifikasi struktur tanah sangat berkaitan dengan klasifikasi lapangan yang digunakan bagi pelahanan morfologi tanah (Hardjowigeno,1997).
       Secara umum komponen pengklasifikasian tanah meliputi pertama tipe struktur meliputi bentuk dan susunan agregat, yang kedua kelas tekstur meliputi ukuran, selanjutanya derajat struktur yaitu kemantapan atau kekuatan agregat. Dengan bentuk yang berbeda seperti granular, platy, wedge, blocky, prismatic, dan columner. Hal ini terjadi karna gumpalan-gumpalan dari fraksi tanah, yang direkatkan oleh bahan organic, oksida-oksida besi dan lain-lain ( Kartasaputra,1997).
       Tingkat perkembangan strukturditentukan berdasarkan atas kemantapan atau ketahanan bentuk struktur tanah tersebut terhadap kemantapan atau ketahanan bentuk struktur tanah tersebut terhadap tekanan. Ketahanan struktur tanah dibedakan menjadi tingkat perkembangan lemah (butir-butir struktur tanah mudah hancur), tingkat perkembangan sedang (butir-butir struktur tanah agaksukar hancur), dan tingkat perkembangan kuat ( butir-butir struktur tanah sukar hancur). Hal ini sesuai dengan jenis tanah dan tingkat kelembaban tanah. Tanah dengan permukaan bagus mengandung humus dengan perkembangan yang kuat. Tanah yang kering umumnya mempunyai kemantapan yang lebih tinggi dibandingakan tanah basah. Jika dalam menentukan kemantapan struktur tidak disebut kelembabannya, tanah biasanya dianggap mendekati kering (Kartasaputra,1995).
       Beberapa hal yang dapat mempengaruhi struktur tanah seperti lempung dan ion tertukar, perekat-perekat organic, tanaman dan sisa tanaman, senyawa organic, mikroba, binatang, dan udara. Tanah harus stabil yaitu agregat-agregatnya harus cukup tahan terhadap benturan hujan dan air. Kalau tidak demikian tanah akan menjadi hancur, kurang dapat melalukan air, dan tanah akan cepat jenuh air ( Tjasyono,2008).
2.4. Kemasaman Tanah (pH)
       Reaksi tanah atau pH tanah penting dalam menentukan mudah tidaknya unsur-unsur hara diserap tanaman. Menunjukkan kemungkinan adanya unsur-unsur berancun dan mempengaruhi perkembangan mikroorganisme seperti bakteri berkembang dengan baik pada pH 5,5. Jamur dapat berkembang biak pada semua tingkat kemasaman tanah dan bakteri pengikat nitrogen dengan bakteri nitrifikasi hanya berkembang atau tumbuh dengan baik pada pH lebih dari 5,5 (Foth,2009).
       Penentuan pH tanah dapat ditentukan secara kolorimetrik dan elektrometrik baik di laboratorium ataupun dilapangan. Elektrik reaksi tanah ditentukan antara lain dengan pH meter Backman,sedangkan kolorimetrik dapat ditentukan dengan suatu alat atau menggunakan kertas pH, pasta pH dan larutan universal. Pada prinsipnya dikerjakan dengan membandingkan warna larutan tanah dengan warna larutan standar dari kertas, pasta dan larutan indikator universal ( Darmawijaya, 2012 )
       Reaksi tanah merupakan sifat kimia dari tanah yang mencakup dari berbagai unsur-unsur dan senyawa, senyawa kimia yang lengkap. Reaksi tanah menunjukkan tentsng keadaan atau status kimia tanah dimana status kimia merupakan suatu faktor yang mempengaruhi proses. Proses biologis seperti pada pertumbuhan tanaman. Reaksi atau pH yang ekstrim berarti menunjukkan keadaan kimia tanah dapat disebutkan proses biologis terganggu ( Pairunan, 2010 ).
       Sumber kemasaman  tanah dalam kandungan bahan-bahan organik dan anorganik. Ionisasi asam menghasilkan ion H+ yang bebas dalam larutan tanah. Sumber lain dari kemasaman tanah adalah H+ dan Al3+ yang dapat ditukar dengan koloid tanah. Kemampuan suatu tanah dalam mempertahankan suatu pH dari perubahan karena terjadinya penambahan Alkalisatau masam biasa dinamakan sebagai dya sanggah pada tanah ( Hadjowigeno, 2006 ).
       Reaksi tanah (pH) merupakan sifat kimia yang penting dari tanah sebagai media pertumbuhan tanaman. Ketersediaan beberapa unsur hara esensial untuk pertumbuhan. Tanaman dipengaruhi oleh pH tanah. Reaksi tanah dirumuskan dengan pH = -log [H+]. Kemasaman tanah dibedakan atas kemasaman aktif dan kemasaman cadangan (potensial). Kemasaman aktif disebabkan oleh adanya ion-ion H+ bebas didalam larutan tanah.ssedangkan kemasaman tanah cadangan disebabkan oleh adanya ion-ion H+ dan Al3+ yang teradsorpsi pada permukaan kompleks adsorpsi ( Sugeng, 2013 ).
2.5. Konsistensi Tanah
       Tanah-tanah  yang memiliki konsistensi baik umumnya mudah di olah dan tidak melekat pada alat pengolah tanah . Konsistensi yang besar yaitu keadaan paling kering yang di sebabkan oleh adanya gaya kohesi konsistensi sedang pada waktu keadaan lembab karena adanya gaya adhesi . Konsitensi rendan atau sangat rendah apabila keadaan basah atau jenuh air ( Yuswar,2006).          
        Terdapat beberapa batas konsistensi di anataranya batas cair , batas lekat , batas gulung, dan batas berubah warna . Batas cair merupakan kandungan lengas tanah pada saat tanah dapat mengalir tanpa tekanan dibawah standar getaran . Batas lekat merupakan kandungan lengas pada saat tanah masih kering yang di basahi secara perlahan dan mulai melekat pada logam . Batas gulung merupakan kandungan lengas pada mat keliatan mulai terasa dan tanah dapat di bentuk sesuai dengan yang di kehendaki . Sedangkan batas berubah warna merupakan kandungan lengas tanah pada asaat pasta mulai kering karena adanya air kapiler ( Susanto, 2005 ).
       Konsistensi tanah dapat di definisikan sebagai kekuatan dan daya kohesif alami tanah serta resistensi tanah terhadap disintegrasi mekanik deformasi dan pemecahan struktur tanah  . Faktor utama yang mempengaruhi konsistensi tanah adalah adalah tekstur tanah , terutama kandungan lempungnya dan kondisi kelengasan tanah atau kadar air tanah . Konsistensi tanah penting untuk menunjukkan dan menetukan cara dalam tanah dan penting bagi penetrasi akar tanaman di lapisan bawah dan kemaampuan tanah menyimpan lengas ( Mawardi , 2011 ).
       Konsistensi tanah menyatakan daya tanah melawan kakas tusuk , deformasi atas kakas pematahan . Konsistensi tanah merupakan ungkapan mekanik daya ikat anta zarah tanah yang berkaitan dengan tingkat dan macam kohesi dab adhesi ini berarti konsistensu di pengaruhi oleh kadar air tanah . Istilah konsistensi tanah menunjukkan pada tarik menarik antar jarak tanah dalam suatu massa tanah atau menunjuk pada ketahanan terhadap pemisahan atau perubahan bentuk ( Poerwowidodo , 2001 ).
       Konsistensi tanah menunjukkan derajat kohesi dan adhesi antar partikel-partikel tanah . hal ini di tunjukan oleh ketahanan massa tanah terhadap perubahan bentuk yang di akibatkan oleh tekanan dan berbagai kekuatan yang mempengaruhi bentuk tanah . Tanah-tanah yangmemiliki konsistensi baik umumnya mudah di olah . Oleh karena itu dapat di temukan dalam keadaan lembab , basah , dan kering, maka penyifatan konsistensi tanah harus di sesuaikan dengan keadaan tanah tersebut . Konsistensi tanah dapat di tentukan secara kualitatif dan kuantitatif . Secara kualitatif dengan cara memijat atau membuat gulungan sedangkan secara kuantitatif di lakukan dengan cara penentuan angka atterberg  ( Nurhidayati , 2006 ).
2.6. Warna Tanah dan Praktikum Lapangan
                      Tanah merupakan kumpulan dari benda-benda alam dipermukaan bumi yang tersusun dari horizon-horizon yang terdiri dari campuran mineral, bahan organik, air, udara, dan media tumbuh tanaman. Pengolahan tanah pada kandungan air yang tepat dapat meningkatkan volume pori total air tanah atau dapat mendorong proses strukturisasi tanaman yang lebih baik. Tanah sangat dibutuhkan dalam kehidupan karena tanah dapat dimanfaatkan oleh tumbuh-tumbuhan untuk perkembnagan (Hardjwigeno, 1995).
             Lengas tanah atau kelembaban tanah merupakan air yang terikat secara adsorbtif pada permukaan butir-butir tanah. Penyerapan oleh perakaran tergantung pada persediaan kelembaban air dalam tanah. Kapasitas simpanan tanah tergantung pada tekstur, kedalaman, dan struktur tana. Bagian lengas tanah yang tumbuhan mampu menyerap dinamakan air ketersediaan. Ketersediaan lengas tanah tergantung pada potensial air, distribusi akar, dan suhu (Asmiwati, 2010).
              Tekstur tanah adalah perbandingan berat NISBI fraksi pasir, debu, dan liat dalam bentuk persen. Tekstur tanah mengacu pada kehalusan dan kekerasan tanah. Tekstur tanah berfungsi menentukan tata air dalam bentuk penetrasi, kecepatan infiltrasi dan kemampuan mengikat air. Suatu kelas tekstur mempunyai batasan susunan tertentu dari fraksi pasir, debu, dan liat dan kelas tekstur tanah dibagi menjadi 12 tekstur menurut USDA. Faktor-faktor yang mempengaruhi tekstur tanah yaitu bahan organik, bahan induk, iklim, dan cuaca (Darmawijaya, 1990).
               Struktur tanah adalah susunan butir-butir primer tanah dan agregat-agregat primer tanah secara alami menjadi bentuk tertentu yang dibatasi oleh bidang-bidang yang disebut agregat. Agregat yang terbentuk secara alami disebut ped. Struktur tanah merupakan gumpalan kecil dari butir-butir tanah. Gumpalan struktur ini menjadi karena butir-butir pasir, debu dan liat terikat seperti bahan organik. Struktur tanah mempunyai beberapa bentuk seperti granular, remah, gumpal, prisma, tiang, dan lempeng. Tanah yang ideal bagi pertumbuhan tanaman adalah tanah berstruktur mantap. Struktur tanah yang mantap adalah granular dan remah karena kemampuannya menahan air, drainase, aerase, perkembangan akar tanaman, dan tingkat kesuburan tanah. Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur tanah antra lain bahan organik, iklim, jasad renik, dan lempung (Tim Asisten, 2010).
                Kemasaman (pH) tanah merupakan sifat kimia tanah yang diartikan sebagai derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman yang dimiliki oleh suatu larutan. Kemasaman tanah di definisikan sebagai kologaritma aktivitas ion hydrogen (H+) yang terlarut. Kemasaman tanah dikatakan netral jika pH=7, jika pH kurang dari 7 maka disebut masam, dan sebaliknya jika pH lebih dari 7 maka disebut basa. Kemasaman tanah ditentukan oleh dinamika ion didalam tanah. Ion yang terdapat dalam suspensi  tanah seimbang dengan ion yang terjerap. Akibat dari prose itu, maka dikenal 2 jenis kemasaman yaitu kemasaman aktual yang disebabkan oleh ion didalam larutan tanah dan kemasaman potensial disebabkan oleh ion dan Al yang terjerap pada permukaan yang kompleks jerapan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pH taah anatra lain, bahan induk, pengendapan, vegetasi alami, pertumbuhan tanaman, kedalaman tanah, dan pupuk nitrogen (Yulius, 1997).
              Warna tanah merupakan salah satu dari tanah yang jelas dan mudah terlihat bahkan mungkin sering digunakan untuk mendeskripsikan tanah khususnya orang awam. Warna tanah juga dapat menjadi penunjuk proses pedogenesis yang telah dijalani tanah dan komponen tanah yang mnonjol. Dalam banyak kasus kapasitas produksi tanah dapat pula ditukar berdasarkan warnanya (Foth, 1994).
              Warna tanah merupakan gabungan berbagai warna komponen penyusun tanah. Warna tanah sangat ditentukan oleh luas permukaan spesifik yang dikali dengan proporsi volumetrik masing-masing terhadap tanah. Makin luas permukaan spesifik menyebabkan semakin dominan menentukan warna tanah. Warna tanah dibedakan berdasarkan tiga faktor dasar berupa komponen warna, yaitu hue, value dan chroma. Yang mendasari penyusun variasi warna pada kartu-kartu munsell soil colour chart (Hanafiah, 2004)
                 Penyebab perbedaan warna tanah umumnya dipengaruhi oleh perbedaan kandungan bahan organik. Makin tinggi kandungan bahan organik maka warna tanah semakin gelap. Warna tanah yang gelap merupakan tanah yang ideal untuk diolah menjadi media tumbuh tanaman. Warna tanah berfungsi sebagai penunjuk dari sifat tanah dan sebagai indikator dari bahan induk tanah yang baru berkembang, indikator kondisi iklim untuk tanah yang sudah berkembang lanjut, dan indikator kesuburan tanah atau kapasitas produktivitas lahan (Madjid, 2007).





BAB III. METODE PRAKTIKUM
3.1.      Waktu dan Tempat
            praktikum ini dilaksanakan pada hari selasa, pukul 08.00-08.50 WITA,bertempat di laboratorim fisika dan konservasi tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram dan pada hari minggu dimulai dari pukul 12.30 sampai 15.30 WITA, bertempat di lahan percobaan Narmada, Lombok barat, NTB.
3.2.      Alat dan Bahan
                     Alat-alat yang digunakan pada praktikum ini adalah timbangan analitik,
cawan,oven, tabung sedimentasi, rak, karet gelang, plastik, sendok, botol kocok, pengaduk,
pH meter, piknometer,thermometer, botol pemancar air, gelas kimia, tabung ukur, kompor
pemanas, benang wol,casagrande, spatula, “munsell soil colour chart”, meteran, ember,
cepang atau pisau, dan HP.
 bahan-bahan yang dipakai adalah sample tanah, NaOH 1 N, aquades, lilin,air.
3.3.  Prosedur Praktikum
            Prosedur kerja praktikum ini adalah :
3.3.1. kadar lengas tanah
1.      Ditimbang cawan yang kosong, bersih, dan tertutup (a gram).
2.       Dimasukan contoh tanah kering udara kedalam cawan. Kira-kira separuh penuh, kemudian ditimbang (b gram ).
3.      Dimasukan cawan yang berisi tanah tersebut ke dakam oven yang sudah diatur temperaturnya 105 ͦ C-110 ͦ C, dibiarkan paling sedikit 8 jam.
4.      Dikeluarkan dan dibiarkan dingin di luar, kira-kira 5 menit, kemudian ditimbang (c gram ).
5.      Dicatat hasilnya.
3.3.2. tekstur tanah
A.    Tekstur tanah kuantitatif
1.      Dimasukkan contoh tanah vertisol kedalam tabung sendimentasi pertama.
2.      Ditambahkan aquades sampai garis 45 ml kemudian ditutup rapat.
3.      Dikocok hingga tanah menjadi larutan.
4.      Dibuka tutupnya kemudian didiamkan selama 30 detik.
5.      Dituang larutan tabung pertama ke tabung kedua dan biarkan selama 15 detik.
6.      Dituangkan larutan tabung kedua ke tabung ketiga.
7.      Dicatat hasilnya.
B.     Tekstur tanah kualitatif
1.      Dimasukkan contoh tanah kedalam cawan kosong.
2.      Ditambahkan aquades.
3.      Diambil tanah tersebut secukupnya pada ibu jari dan telunjuk kemudian di kuli.
4.      Dicatat perkiraan fraksi debu, pasir, dan liat pada tanah tersebut.
3.3.3. struktur tanah
            A. kerapatan butir tanah (BJ)
1. Ditimmbang piknometer kosong, bersih, bersumbat (a gram).
2. Di isi piknometer dengan aquades ( diisi penuh ).
3. Ditimbang piknometer berisi air (b gram), di ukur suhunya.
4. Dibuang air dalam piknometer, kemudian di lap hingga kering.
5. Diisi piknometer dengan tanah 5 gram, kemudian di tutup dan ditimbang (c garm).
6. Dimasukkan aquades kedalam piknometer berisi tanah, kemudian dikocok.
7. Didiamkan selama 10 menit, kemudianditimbang (d gram).
8. Dihitung nilai BJ.
B. kerapatan massa tanah (BV)
1.      Dipanaskan lilin pada suhu 60°C.
2.      Diambil bongkahan tanah.
3.      Diikat dengan benang.
4.      Ditimbang bongkahan yang diikat (a gram).
5.      Dicelupkan kecairan lilin yang sudah dipanaskan.
6.      Diangkat dan dibiarkan dingin.
7.      Ditimbang bongkahan tanah yang sudah bercampur lilin (b gram).
8.      Dicelupkan kedalam tabung ukur.
9.      Diukur nilai p,q,r di tabung ukur.
3.3.4. kemasaman tanah (pH tanah)
a)      Ditimbang contoh tanah vertisol sebanyak 5 gr.
b)      Dimasukkan kedalam botol kocok.
c)      Ditambahkan aquades.
d)     Dikocok hingga tanah betul-betul larut selama ± 10 menit kemudian diamkan selama 15 detik.
e)      Diukur pH tanah dengan pH meter atau pH stick.
3.3.5. konsistensi tanah
A.    Batas Cair (BC)
1.      Disiapkan 100gr contoh tanah, di masukkan kedalam gelas beaker 500ml di berikan air lalu aduk sampai merata.
2.      Dipindahkan sebagian pasta tanah kedalam cawan casagrande dan di ratakan sampai ketebalan 1 cm.
3.      Dibelah pasta tanah dalam cawan menjadi dua bagian menggunakan pengalur.
4.      Diputar engkol pemutar cawan pada casagrande dengan kecepatan dua putaran perdetik sampai alur pada acawan menyatu sepanjanh 1,27cm.
5.      Dicatat jumlah ketukan yag di dapat kemudian ambil contoh tanah sekitar alur untuk menetapkan kadar lengas secara gravimetrik menggunakan oven pada suhu 105oc selama 48jam.
6.      Ditetapkan kadar lengas pada ketukan antara 15-40 ketukan.
7.      Diperoleh batas cair dengan menentukan kadar lengas pada 25 ketukan.
B.     Batas Lekat (BL)
1.      Disiapkan contoh tanah dan di masukkan ke dalam cawan.
2.      Ditambahkan aair di aduk sampai merata agar terbentuk pasta yang homogen.
3.      Diambil pasta atanah yang di gumpalkan pada tangan kemudian di tusuk dengan spatula  dengan kedalaman 25cm dengan kecepatan 1detik.
4.      Diambil tanah yang melekat pada spatula untuk di tetapkan kadar lengasnya menggukana oven dengan suhu 105-110oc.
C.     Batas Gulung (BG)
1.      Disiapkan contoh tanah , dimasukkan kedalam glas beaker dan di tambahkan air sambil di aduk hingga merata.
2.      Bola tanah di gulung atas permukaan bidang rata . Pengulian di lakukan dengan kecepatan 80-90 gerak setengah putaran permenit sampai membentuk pita tanah.
3.      Diambil pita tanah untuk menetapkan kadar lengas dengan oven pada suhu 105-110oc.

D.    Batas Berubah Warna (BBW)
1.      Diratakan sampai tipis dan licin pasta tanah pada permukaan papan menggunakan pengaduk.
2.      Disimpan dari tempat yang bebas dari sinar matahari.
3.      Setelah perubahan tanah mencapai lebar 70,5cm bagia yang berubah warna di angkat dan di ambl bersama dengan bagian yang ada di sampingnya dengan bagia yang lebiih gelap untuk di tetapkan kadar lengasnya sebagai BBW.
3.3.6. warna tanah
a.       Diambil bongkahan tanah dengan permukaan yang asli.
b.      Dibandingkan warna tanah dengan warna-warna pada buku munsell soil colour chart.
c.       Dicatat nilae hue, value, dan croma.
d.      Dicatat hasilnya.
3.3.7. praktikum lapangan
a.       Diambil profil tanah, kemudian ditentukan horizon yang ada.
b.      Diukur kedalaman tanah secara keseluruhan dari dasar tanah sampai permukaan tanah.
c.       Diukur ketebalan setiap lapisan horizon tanah.
d.      Diambil contoh tanah pada setiap lapisan horizon, lalu dibasahi tanah terebut dan menguli, setelah itu ditentukan tekstur dan kelas tekstur tanah tersebut.
e.       Diambil gumpalan tanah kemudian ditentukan strukturnya.
f.       Diambil contoh tanah pada setiap horizon dan ditambahkan H20 untuk mengetahui pH aktual yang diendapkan kemudian dimasukan pH stick untuk mengetahui pH tanah.
g.      Diambil contoh tanah setiap horizon dan ditambahkan H2O untuk mengetahui kandungan bahan organik.
h.      Diambil contoh tanah setiap horizon untuk ditentukan warna tanah tersebut.
i.        Dicatat hasilnya.





BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1.Kadar Lengas Tanah
4.1.1 Tabel hasil percobaan kadar lengas tanah
Sampel
Tanah
a gram
b gram
c gram
%Kadar
Lengas
LOTENG
15,5
19,33
19,13
5,95
NARMADA
17,36
21,38
21,20
4,68
4.1.2 Analisis Data
a. Tanah Loteng
            kadar lengas    = [ b – c : c – a ] x 100 %
                                    = [ 19,33 – 19,13 : 19,13 – 15,5 ] x 100 %
                                    = [ 0,2 : 3,6 ] x 100 %
                                    = 5,51 %
b. Tanah Narmada
            kadar lengas    = [ b – c : c – a ] x 100 %
                                    = [ 21,38 – 21,20 : 21,20 – 17,36 ] x 100 %
                                    = [ 0,18 : 3,8 ]
                                    = 4,69 %
4.1.3. Pembahasan
                          Tanah merupakan komponen bagian dari penyusun lahan yang ada pada kerak bumi. Tanah sangat dibutuhkan dalam kehjdupan , sebab tanah dimanfaatkan oleh tumbuh tumbuhan untuk pertumbuhannya. Tanah memiliki peranan dalam menyimpan air  dan terdapat pula lengas tanah yang berada dalam ruang pori tanah. Kadar lengas adalah air yang terdapat dan terikat di dalam tanah oleh berbagai kakas (matriks, osmosis, dan kapiler ).
              Tanah Lombok Tengah termasuk jenis tanah vertisol yang dimana tanah ini mempunyai kandungan liat yang tinggi (lebih dari 30%) di seluruh horison, mempunyai sifat mengembang dan mengkerut. Kalau kering tanah mengkerut sehingga tanah pecah-pecah dan keras, sedangkan Kalau basah tanah mengembang dan lengket. Tanaman yang bisa tumbuh ditanah vertisol ini adalah padi, jagung kapas,kacang tanah, debu, dan beberapa tanaman perdagangan dataran rendah lainnya. Cara mengelola tanah vertisol adalah mengatur drainase, irirgasi, dan pengelolaan tanah disertai pemupukan untuk memperbaiki tekstur dan struktur tanah , karena hail ini sangat mempengaruhi kadar lengas tanah.
           Tanah Narmada termasuk jenis tanah inceptisol . Tanah inceptisol ini merupakan tanah yang termasuk dalam kategori tanah aluvial. Tanah inceptisol ini merupakan suatu jenis tanah muda yang juga termasuk ke dalam jenis tanah mineral. Sedangkan yang dimaksud tanah mineral merupakan tanah yang memiliki kandungan bahan organik kurang dari 20% atau memiliki lapisan bahan organik yang ketebalannya kurang dari 30 cm sehingga membuat tekstur tanahnya menjadi ringan. Faktor yang mempengaryhi tanah ini adalah kandungan bahahn organic dan bahan induk, iklim, cuaca, dan topografi. Adapun tanaman yang bisa tumbuh adalah tebu, tembakau,panili, coklat, dan pala.
           Dari hasil praktikum di dapat persen kadar lengas pada tanah vertisol yakni  5,95% , sedangkan pada tanah inceptisol adalah 4,68%. Artinya tanah Lombok Tengah memiliki kandungan air yang lebih banyak  dari pada tanah Narmada. Hal ini memudahkan unsure hara diserap oleh akar tanaman karena memiliki kandungan air yang banyak.  Selain itu tingkat kesuburan tanah pada tanah vertisol lebih tinggi dari pada tanah inceptisol. Tanah vertisol mempunyai kandungan bahan organic yang lebih tinggi dibandingkan tanah inceptisol. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kandungan bahan induk dan organic pada tanah tersebut,temperature, iklim, dan topografi tanah.
           Pada temperature pengaruhnya berupa curah hujan yang berselisih dengan evaporasi yang akan mempengaruhi banyak tidaknya kadar lengas pada tanah tersebut. Pada faktor topografi dipengaruhi oleh kandungan tanah yang mempengaruhi kecepatan air untuk masuk ke dalam tanah. Hal ini yang menentukan apakah kadar lengas dalam tanah akan cepat hilang atau justru mengawetkan tanah.
          Adapun metode yang digunakan untuk mengetahui kadar lengas tanah adalah metode gravimetris, tensiometer, dan metode kalsium. Metode gravimetris adalah metode yang digunakan untuk menghitung selisih berat lengas tanah sebelum dan setelah dikeringkan. Metode tensiometer adalah metode yang mengkalibrasikan antara ketinggian air raksa dalam kelemahannya yang terdesak oleh air dalam tanah dengan kurva standard. Metode kalsium kandungan lengas yang terukur yang dimana tekanan yang dicatat oleh manometer akibat desakan gas hasil reaksi antara bahan karbit dengan air tanah.
          Manfaat mengetahui kadar lengas tanah pada bidang pertanian adalah untuk mengetahui kebutuhan air yang akan digunakan. Hal ini untuk menentukan tanaman yang akan ditanam, sebab tidak semua tanaman menyukai tanah yang mengandung air yang banyak. Walaupun air bersifat sebagai pelarut unsure hara dalam tanah. Selain itu, ada juga manfaat lain seperti untuk mengetahui proses genesa tanah yang memiliki peranan sangat penting untuk kelangsungan hidup tanaman dan renik tanah. Kadar lengas ini juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
4.2.Tekstur Tanah
4.2.1.      Table hasil pengamatan tekstur tanah
Sampel Tanah
%
Tekstur
Pasir
Debu
Liat
KLU
66,7 %
18%
18%
SL
LOTENG
16,67%
33,33%
50%
C
4.2.2.      Analisis data
1)      Tanah KLU
a)      %  pasir  = 10/15 × 100%
               = 66,7 %
b)      % Debu  = 2,3/15 × 100%
               = 15,3 %
c)      % Liat    = 100-(66,7%-15,3%)
               = 18%
2)      Tanah LOTENG
a)      % pasir   = 2,3/15 × 100%
               = 16,67 %
b)      % debu = 5/15 × 100%
             = 33,33 %
c)      % liat      = 100 – ( 16,67% +33,33%)
               = 50 %
4.2.3.      Pembahasan
             Tekstur tanah adalah perbandingan relatif pasir, debu, liat, dan merupakan ukuran relatif partikel yang mengacu pada kehalusan dan kekasaran tanah. Pada praktikum ini, kami menggunakan sampel tanah dari Lombok Tengah dan sampel tanah dari KLU, maka didapatkan hasil persentase pada tanah Lombok Tengah yakni pasir 16,67 %, debu 33,33 %, dan liat 50 %. Sedangkan persentase pada tanah KLU adalah pasir 66,7%, debu 18%, dan liat 18%. Pada sampel tanah Lombok Tengah termasuk kedalam tekstur liat, sedangkan tekstur  pada tanah KLU adalah Lempung Berpasir.
             Natrium hidroksida adalah basa yang paling umum digunakan dalam laboratorium kimia, ia bersifat lembab cair dan secara spontan menyerap karbon dioksida dari udara bebas. Ada beberapa manfaat NaOH, yakni sebagai pendeteksi racun dalam karbon monoksida, sebagai reagen transesterifikasi dan esterifikasimisalnya pada pembuatan sabun dan minyak tanah, untuk melarutkan logam, dan senyawa amfoter, dan lain sebagainya.
             Dari contoh tanah tersebut, tanah yang baik digunakan untuk pertanian adalah tanah yang berasal dari Lombok Tengah, karena kandungan liat dan debu memiliki kemampuan yang tinggi dalam mengikat air, sehingga persentase liat dan debu lebih tinggi daripada pasir, dan kadar airnya pun tinggi. Tekstur tanah memiliki efek bagi pengolahan tanah, kesuburan tanah, penetapan tekstur tanah sangat perlu untuk dilakukan, karena dapat memberikan gambaran yang luas mengenai sifat-sifat tanah lainnya.
             Manfaat mengetahui tekstur tanah yakni, dengan mengetahui tekstur suatu tanah maka kita dapat menentukan jenis tanaman yang cocok untuk mendapatkan hasil yang maksimum, dan juga dapat memberikan gambaran yang luas mengenai sifat-sifat tanah lainnya. Tekstur tanah yang baik dalam pertanian adalah tekstur tanah liat. Tekstur tanah sangat mempengaruhi jumlah air, semakin tinggi persentasi pasir dalam tanah maka semakin banyak ruang pori-pori diantara partikel-partikel tanah tersebut, sehingga kadar air dalam tanah menjadi rendah.
             Faktor yang mempengaruhi tekstur adalah bahan induk, iklim, topografi atau relief, organisme, dan waktu. Faktor yang dipengaruhi tekstur tanah adalah struktur, konsistensi, perakaran, dan daya serap air. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kelas tekstur tanah adalah kemampuan tanah memegang dan menyimpan air, aerasi, serta permeabilitas, kapasitas tukar kation dan kesuburan tanah.
4.3.Struktur tanah
4.3.1.      Table hasil pengamatan struktur tanah
a.       Kerapatan massa tanah (BJ)
Sample

Gram
KL
BJ1
BJ2
BJ
A
B
c
d



KLU
27,37
77,53
32,52
80,24
3,61
0,996
0,997
12,26
LOTENG
26,09
76,06
30,99
78,50
4,88
0,997
0,997
11,5




b.      Kerapatan massa tanah (BV)
Sample

Gram
ml
KL
BV
gram / cm3
A
B
p
q
r
KLU
13,27
18,80
700
710
0
2,61
3,5
LOTENG
16,25
27,37
700
720
0
3,78
2,17
c.       Porositas tanah
Sample
Gram
Porositas

BJ
BV
KLU
12,26
3,5
72 %
LOTENG
11,5
2,17
81,2 %
         
4.3.2.      Analisis data
a.kerapatan butir tanah
BJ KLU = [ 100 ( c – a ) BJ1 . BJ2 ] : [ (100 + KL) : BJ2 ( b-a ) – BJ1 ( d-c ) ]
                  = [ 100 ( 32,52 – 27, 37 )(0,996)(0,997) ] : [ (100 + 3,61) : 0,997                                    (77,53 – 27,37) – 0,996 ( 80,24 – 32,52 ) ]
                  = 511,4 : 145,6
                  = 12,26 gram/cm

b. kerapatan massa tanah
BV loteng =

4.3.3.      Pembahasan
      Struktur tanah adalah kumpulan dari lapisan-lapisan tanah yang saling terikat, hal yang paling umum dalam struktur tanah adalah BV,BJ,dan porositas. Salah satu cara menentukan BV, BJ dan porositas tanah adalah dengan metode piknometer. Berat volume merupakan berat bongakahan tiap satuan volume total bongkahan tanah. Berat jenis dapat diartikan perbandingan relative antara berat padatan tanah dengan volume padatan. Sedangkan porositas merupakan persentase pori-pori terhadap volume bongkahan tanah.
      Pada hasil perhitungan didapatkan nilai BV yang lebih kecil dari BJ. BV sebesar 3,5 dan 2,17 untuk daerah KLu dan LOTENG secara berturut-turut, sedangkan BJ sebesar 12,26 dan11,5 untuk daerah KLU dan LOTENG secara berturut-turut. Setelah mendapat BJ dan BV didapat porositas sebesar 72% dan 81,2% untuk daerah KLU dan LOTENG. Tanah yang digunakan adalah tanah dari Lombok tengah, yang umumnya termasuk vertisol, dimana tanah vertisol memiliki struktur yang kurang stabil, yang menyebabkan tanah peka terhadap erosi karna mudah hancur oleh energy pukulan air hujan. Permeabilitas tanah yang lambat dapat menyebabkan tanah mudah jenuh air dan mudah terjadi aliran permukaan sehingag bahaya terhadap potensi erosi.
      Bahan oraganik dapat memperbaiki struktur sehingga dapat meningkatkan pori tanah. Nilai BJ yang tinggi menunjukan bahan organic yang rendah. Porositas tanah dipengaruhi oleh adanya kandungan bahan oraganik tanah. Porositas tinggi menunjukan bahan oraganik rendah. Tanah dengan struktur remah mempunyai porositas yang lebih tinggi dibandingakan dengan struktur pejal tanah yang mengandung lempung karna mempunyai pori-pori mikro, yaitu pori-pori yang ukurannya besar sehingga sulit menyimpan air. Kesulitan dalam menyimpan air ini diakibatkan karna air yang terdapat didalam pori itu cendrung berat sehinga tertarik gaya gravitasi kebawah, mengalir menjadi air gravitasi.
      Hal ini berbeda dengan kenyataan yang ada, dimana tanah dilombok tengah termasuk tanah yang liat, sedangkan dalam perhitungan porositas tanah dilombok tengah lebih tinggi dari pada KLU , yang artinya tanah di Lombok tengah termasuk remah. Namun kenyataannya tanah dilombok tengahadalah liat, ini bisa terjadi karena kesalahan pada saat menghitung data atau kesalahan pada saat praktikum, contohnya kesalahan dalam penimbangan atau saat pengukuran suhu.

4.4.Kemasaman Tanah
4.4.1.      Tabel pengamatan kemasaman tanah
Sampel Tanah
pH
KLU
6
LOTENG
7
4.4.2.      Pembahasan
   Kemasaman tanah (pH tanah) merupakan faktor yang mempengaruhi menurunnya tingkat kesuburan tanah. Pada kenyataannya, tanah di suatu daerah akan memiliki tingkat kemasaman yang berbeda. Pada percobaan yang telah kami lakukan, pH yang terkandung dalam sampel tanah Lombok Tengah adalah 7, dan pada sampel tanah KLU adalah 6. Tanah yang terdapat didaerah Lombok Tengah adalah netral, sedangkan tanah yang ada pada daerah KLU adalah sedikit masam.
             Terhambatnya pertumbuhan padan tumbuhan yang ditanam dapat disebabkan oleh kondisi kemasaman tanah (pH tanah) yang terlalu asam dan memiliki unsur hara dengan jumlahsedikit dan tidak memiliki ketersediaan air yang memadai. Tanah asam adalah tanah yang kandungan pH nya rendah, biasanya terjadi di lahan bekas gambut yang dijadikan lahan pertanian.
             Unsur hara yang terlarut dalam larutan tanah berasal dari beberapa sumber pelapukan mineral primer, berkomposisi bahan organik, deposisi dari atmosfer, aplikasi bahan pupuk, rembesan air tanah dari tempat lain, dan lain sebagainya. Kondisi pH tanah merupakan faktor penting yang menentukan menentukan kelarutan unsur yang cenderung berkesetimbangan dengan fase padatan.
             Cara untuk mengatasi masalah kemasaman pada tanah adalah dengan cara pengapuran, yakni cara untuk menaikkan nilai dari pH tanah. Dan apabila tanah tersebut mengandung basa yang tinggi, maka dpat ditambahkan belerang atau sulfur pada tanah tersebut.
4.5.Konsistensi tanah
4.5.1.      Table pengamatan konsistensi tanah
Sifat tanah
Sample tanah
Gram
KL %
Angka Atterberg
Harkat angka Atterberg
A
B
C
BC
KLU
8,62
18,86
15,70
44,6
46,3
Tinggi
LOTENG
8,72
16,18
13,56
52,7
62,7
Tinggi
BL
KLU
8,71
12,43
11,57
30,1
30,1
Rendah
LOTENG
8,81
10,57
10,07
39,7
39,7
Sedang
BG
KLU
8,86
18,46
16,17
31,3
31,3
Sedang
LOTENG
8,85
14,44
12,91
37,7
37,7
Sedang
BBW
KLU
8,72
12,56
11,65
32,1
32,1
Sedang
LOTENG
8,70
15,34
13,63
34,7
34,7
Sedang
IP
KLU
46,3 – 31,3
15
15
Sedang
LOTENG
62,7 – 37,7
25
25
Tinggi
JO
KLU
30,1 – 31,3
-1,2
-1,2
Sangat rendah
LOTENG
39,7 – 37,7
2
2
Sangat rendah
PAM
KLU
46,3 – 32,1
14,2
14,2
Sedang
LOTENG
62,7 – 34,7
28
28
Tinggi
4.5.2.      Analisis data
BC KLU                =          46,3 %
      LOTENG        =          62,7 %
BL KLU                =          30,1 %
      LOTENG        =          39,7%
BG            KLU                =          31,3 %
      LOTENG        =          37,7 %
BBW         KLU    =          32,1 %
      LOTENG        =          34,7 %
IP  KLU                =          15 %
      LOTENG        =          25 %
JO  KLU                =          -1,2 %
      LOTENG        =          2 %
PAM         KLU    =          14,2 %
      LOTENG        =          28 %
4.5.3.      Pembahasan
                  Konsistensi tanah merupakan  menunjukkan daya kohesi butir-butir tanah  atau gaya adhesi butir-butir tanah dengan benda lain . Hal ini di tunjukan oleh daya tahan tanah terhadap gaya yang akan merunah bentuk  misalnya pencangkulan , pembajakan dan lain sebagainya .
                   Batas cair dalam konsistensi tanah menentukan  kemampuan tanah  dalam menahan air . Bia harkat semakin tinggi , maka tanah tersebut aka tanah terhadap tekanan yang ada di luar dan akan tetap berada pada konsisi alaminya  . Batas lekat menentukannkadar air dimanatanah mulai tidak daoat melekat pada benda lain . Bila kadar air lebih rendah di bnading batas lekat maka tanah tidak dapat melekat begitu juga sebaliknya . Batas gulung dalam konsistensi tanah menentukan kadar air di mana tanah sudah tidak dapat di gulung lagi . Batas berubah warna menentukan tanah yang telah mencapai batas gulungmasih terus dapat kehilangan air sehingga lambat laun menjadi kering dan pada suatu ketika tanah berwarna lebih terang .
                  Berdasarkan perhitungan di peroleh Indeks Plastisitas   sebesar 13,3% . Indeks plastisitas merupakan seisih anatara BC degan BG . Selisih ini menentukan derajat keteguhan tanah . Jangka Olah  adalah jangka atau rentang antara mudah atau tidaknya tanah untuk di olah dengan penambahan air sampai mudah atau sulitnya tanah di rombak atau di bongkar . Jangka olah menunjukkan besarnya perbedaan kandungan air pada batas lekat dan bats gulung  tanah dengan jangka olah yang rndah merupakan  tanah yang sukar di olah dari pada tanah yang memiliki jangka olah tinggi .          Persediaan air maksimum (PAM) adalaha rentaan antara batas cair sampai batas berubah warna . Semakin kecil rentannya maka tanah akan semakin kecil pula dalam menyimpan air yang bisa di gunakan tanaman . berdasarkan perhitugan di peroleh persediaan air maksimum (PAM) sebesar  12,32% . Dari data di atas membuktikan bahwa air yang tersedia bagi tanaman pada tanahKLU sangat rendah.

4.6.Warna Tanah dan Praktikum lapangan
4.6.1.      Table hasil Warna tanah dan Praktikum lapangan
horizon
Kedalaman
Sample (cm)
Kandungan batuan (0-6)
Tekstur %

Kelas tekstur
pH
Pasir
Debu
Liat
1

90 cm
1 – 14
1
8,5
37,6
52,4
Liat
6
2
15 – 20
3
45
35
20
Lempung
6
3
21 – 35
4
40
35
25
Lempung
6
4
36 – 48
5
75
20
5
Pasir berlempung
6
5
49 - >50
6
93
3
2
pasir
6

Horizon
Struktur
Warna tanah
Perakaran
1
Padat
10 Yr 3/2
Banyak
2
Remah
7,5 Yr 4/4
Sedang
3
Granula
10 Yr 3/6
Sedikit
4
Granula
10    Yr 4/3
Tidak ada
5
Granula
10 Yr 6/6
Tidak ada

4.6.2.      Pembahasan
Berdasarkan pengamatan profil tanah pada tanah inceptisol dilahan percobaan UNRAM Narmada terdapat 5 Horizone dengan kedalaman tanah 90 cm. Horizone merupakan lapisan tanah atau bahan tanah yang kurang lebih sejajar dengan permukaan tanah dan berbeda dengan lapisan disebelah atas ataupun bawahnya yang secaa genetic ada kaitannya. Horizon tanah terbentuk karna proses perkembangan tanah.Lapisan horizone 1 memiliki ketebalan 1-14 cm dan terdapat pada lapisan atas .Pada lapisan 1 , lapisan ini kaya akan bahan-bahan organic , hmus dan menjadikannya lapisan paling subur sehingga sangat cocokuntuk pertumbuhan tanaman dan kandungan batuan pada lapisan 1 sangat sedikit. Horizon ke 2 memiliki ketebalan 15-20 cm dan terdapat di lapisan lapisa tanah tengah tepat di bagian bawah lapisan 1. Pada lapisan ke 2 ini terbentuk  dari campuran pelapukan dan sisa material lapisan 1 dengan kandungn bantuan sebanyak 3. Horizone ke 3 memiliki ketebalan 21-35 cm dan terdapat di lapisan tanah tengah teat di bagian bawah lapisan ke 2. Pada lapisan ke 3 ini juga terbenuk karna cumpuran pelapuka dan sisa mineral dari lapisan 1 dan 2 hanya saja lapisan ke 3 ini memiliki kandungan bantuan lebih besar di banding lapisan ke 2  yaitu 4 kandungan batuan.Pada horizone ke 4 memiliki ketebalan horizone 36-48cm dan terdapat di lapisan tanah bawah. Pada lapisan ke 4 ini terdapat batuan yang belum melapuk dan sebagaian sudah dalam proses pelapukan dan memiliki kandungan batuan yakni 5. Horizone ke 5 memiliki ketebalan 4 9->50 dan terdapat pada lapisan batuan induk yang dimana horizone ini teriri dari banyak batuan . Batuan pada lapisan ini mudah pecah tapi sangat sulit di tembus oleh akar-akar tanaman dan kandungan batuan pada lapisan ini paling banyak di antara lapisan lapisan yang lain yakni 6.
                          Kelas tekstur lapisan 1 adalah liat ( c ) dan memiliki persen praksi pasir sebanyak 8,5% , debu 37,6% dan liat 52,4%.Sehingga tanah yang kelas teksturnya seperti ini coc untuk tanaman.Pada lapisan ke 2 kelas teksturnya adalah lempung ( L) dengan praksi pasir sebanyak 45% , debu 35% dan liat 20%. Kelas tekstur pada lapisan ke 3 adalah lempug dan memiliki persen praksi pasir 40% , debu 35% dan liat 24%. Kelas tekstur ini masih bisa di tumbuhi tanaman karna akar masih banyak masuk . Pada lapisan ke 4 kelas teksturnya adalah pasir berlempung (LS) yang memiliki praksi persen pasir 75% , debu 20% dan liat 5%. Kelas tekstur lapisan ke 5 adalah pasir (s) yang memiliki praksi persen pasir 93% , debu 3% dan liat 2%.Pada lapisan ini tanaman yang bisa tumbuh adalah kelapa dan kulkus.
Struktur tanah pada lapisan satu adalah padat karna memngandung sedikit batuan ,selain itu pada lapisan in terdapat banyak kandungan organic dan humua yang baik bagi tanaman serta memilki kelas tekstur liat (c).Pada struktur tanah lapisan ke 2 ini adalah remah.Remah merupakan struktur tanah yang baik bagi tanaman , selain itu , kandungan batuannya sedikit.Struktur tanah pada lapisan ke 3 adalah granula selain itu pada lapisan tanah ke 4 dan5 adalah granula. Tanah granula juga baik bagi tanaman.
              Kemasan Ph tanah pada semua lapisan horizon sama , dari lapisan 1-5 yaitu 6 dan PH ini bersifat masam.Hal ini di sebabkan karna  lapisan- lapisan  ini mengandung bahan organic yang cukup tinggi pada permukaan tanah yang tercampur dengan bahan mineral tanah dan mengalami penguraian  oleh makroba yang mengakibatkan tebentuknya asam sulfida dan asam nitrat. Sedangkan untk warna tanah pada lapisan 1 adalah 10 YR 3/2 yang artinya 10YR= Hue , Value=3,Charoma=2 mengandung warna tanah 7,5YR 4/4 ( Coklat) artinya hue=7,5 , velue=4 , charoma=4 yang keseluruhan warna tanah coklat. Pada lapisan ke 3 warna tanah 10YR 3/6 ( merah ke coklatan ) artinya hue=10YR ,velue=3 , charoma =6 yang secara keseluruhan warna tanah merah kecolatan.Pada lapisan ke 4 warna tanah adalah 103/4 ( merah agak terang) yang artinya 10YR ,velue=4 , charoma=3 yang secara keseluruhan wrna tanah adalah merah agak terang. Pada lapisan ke 5 warna tanah adalah 10YR 6/6 terang putih yang artinya hue=10ye ,value=6 , charoma=6 yang scara keseluruhan tanah adalah terang putih kemerahan.
Warna tanah pada setiap lapisan berbeda-beda karna terdapatnya perbedaan kandungan bahan organic. Jika tanah mengandung bahan organic maka warna tanah gelap.Pada lapisan 1 warna tanah gelap , kandungan bahan organic tinggi sehingga tanaman bisa tumbuh.Pada lapisan ke 2 warna tanah coklat agak gelap , jadi kandungan pada lapisan ini cukup tinggi. Pada lapisa  ke 3 warna tanah merah kecoklatan , sedikit gelap artinya kandungan bahan organic pada lapisan ini sedikit . Pada lapisan ke 4 warna tanah merah agak terang , lapisan ini tidak mengandung bahan organic dan tanaman tidak bisa tumbuh pada tanah ini.Pada lapisan ke 5 warna tanah terang putih kemerahan , lapisan ini tidak mngandung bahan organic.
Jeluk perakaran adalah kedalaman tanah yang dapat di jangkau akar secara aktif. Jadi pada lapisan 1 terdapat banyak akar tanaman artinya pada lapisan ini jeluk mempan perakaran dapat menjangkau tanah lapisan 1.Selain itu pada lapisan ini akar tanaman juga akan tumbuh subur atau berkembang karna lapisan ini kandungan bahan organic tinggi.Pada lapisan ke 2 ini akar tanaman masih banyak , yaitu artinya pada lapisan ke 2 masih bisa di jangkau oleh akar tanaman.Pada lapisan ke 3 akar tanaman ada sedikit , walaupun begitu akar anama masih bisa menjangkaunya.Pada lapisan ke 4 dan ke 5 tidak terdapat akar tanaman.Itu artinya akar tanaman hanya bisa menjangkau pada lapisan 1-3 , sedankan pada lapisan ke 4 dan 5 tiak dapat di jangkau oleh akar tanaman karna terdapat banyak batuan yang tidak dapat di tembus oleh akar, selain bahan organicnya juga tidak ada kara itu akar tanaman tidak bisa berkembang.
                         Adapun tanaman-tanaman yang tumbuh pada lahan prcobaan UNRAM yakni , padi, jambu, papaya, talas ,kelapa, mangga ,paku, palem ,nangka dan berbagai macam rumput.Pada tanah Narmada ini mengandung banyak air sehingga tanaman-tanaman tersebut bisa tumbuh dan berkembang.Oleh karna itu penting melakukan pengamatan atau praktikum ini, karna akan banyak mamfaatnya untuk bidang pertanian terutama untuk pertubuhan dan perkembangan tanaman . Selain itu dapat kita ketahui kandungan tanah tersebut seperti kandungan kadar lengas , warna tanah , tekstur , truktur tanah dan warna tanah.Karna itu semua penting bagi tanaman.
BAB V. PENUTUP
5.1.Kesimpulan
Dari praktikum yang dilakukan dapat diambil kesimpulan :
1.      Cara menetapkan kadar lengas  contoh tanah kering udara antara lain, metode gravimetris,metode tensiometer, dan metode kalsium.
2.      Metode gravimetris adalah metode yang digunakan untuk menghitung selisih berat lengas tanah sebelum dan setelah dikeringkan. Metode inilah yang di gunakan dalam praktikum.
3.       Metode tensiometer adalah metode yang mengkalibrasikan antara ketinggian air raksa dalam kelemahannya yang terdesak oleh air dalam tanah dengan kurva standard.
4.      Metode kalsium kandungan lengas yang terukur yang dimana tekanan yang dicatat oleh manometer akibat desakan gas hasil reaksi antara bahan karbit dengan air tanah.
5.      Kadar lengas di setiap tempat berbeda-beda karena beberapa faktor antara lain, kandungan bahan induk dan bahan organic, kondisi iklim, dan kondisi topografi tanah.
6.      Berdasarkan hasil yang diperoleh pada praktikum tekstur tanah ini, maka dapat kami simpulkan bahwa sampel tanah Lombok Tengah memiliki persentase pasir 16,67%, debu 33,33%, dan liat 50%, sehingga jenis tanah ini termasuk dalam tekstur lempung. Pada sampel tanah KLU memiliki persentase pasir 66,7%, debu 18%, dan liat 18% sehingga tanah jenis ini termasuk kedalam tekstur tanah Lempung Berpasir.
7.      Berdasarkan hasil yang telah dieroleh pada praktikum Kemasaman Tanah (pH Tanah) ini, makan dapat diketahui bahwa  pH pada sampel tanah Lombok Tengah adalah 7 yakni netral, sedangkan pH pada sampel tanah KLU adalah 6, yakni sedikit masam.
8.      Didapatkan BJ KLU = 12,26 , BJ loteng = 11,5. Kerapatan butir tanah KLu lebih besar dibandingkan Lombok tengah. Yang artinya tanah dilombok tengah lebih banyak mengandung bahan organic dibandingkan tanah didaerah KLU.
9.      Didapatkan BV KLU = 3,5 , BV loteng = 2,17. Kerapatan massa tanah KLU juga lebih besar dibandingkan Lombok tengah. Artinya bahwa tanah Lombok tengah lebih bisa mengikat air di dalam tanah dibandingkan dengan tanah dari KLU.
10.  Porositas daerah Lombok tengah memiliki persentase lebih tinggi dibandingkan KLU. Sehingga banyak tanah di lombok tengah termasuk remah, walaupun pada kenyataannya Lombok tengah didominasi dengan tanah liat.
11.  Batas cair tanah KLU lebih rendah dari tana Loteng . BC tanah KLU sebesar 44,81% dan tanah Loteng sebesar 55,08%
12.  Kandungan air pada setiap batas lekat , batas cair, batas gulung , dan batas berubah warna berbeda-beda
13.  Harkat angka atterberg terendah terdapat pada batas lekat tanah Loteng sebesar 19,75%
14.  Harkat angka atterberg tertinggi terdapat pada batas cair tanah Loteng sebesar 54,1 %.
15.  1.Horizon mempunyai 5 lapisan dengan kedalaman sampel tanah 90cm dan ketebalan setiap horizon berdeda-beda.
16.  2.Kelas tekstur pada lapisan 1 adalah liat dan mempunyai psersen praksi pasir 8,5% ,debu 37,6% dan liat 52,4%. Lapisan 2 dan  memiliki kelas tekstur ang sama yaitu lempung tetapi mempunyai % praksi pasir, deb dan liat berbeda-beda . Pada lapisan ke 4 memiliki kelas tekstur pasir berlempung sedangkan pada lapisan  ke 5 kelas teksturnya pasir dan memiliki %  praksi pasir , debu dan liatberbeda-beda.
17.  3.Struktur tanah pada lapisan 1 adalah remah sedangkan pada lapisan 2,3,4 dan 5 adalah granula.
18.  4.Kemasan tanah pada setiap lapisan yakni 6.
19.  5.Warna tanah pada setiaplapian berbeda-beda.Dari lapian 1-5 yaitu warna tanah dari gelap ke terang.Gelap artinya mengandung banyak bahan organic
20.  6.Jeluk perakaran bisa menjangkau pada lapisan 1-3 , sedangkan pada lapsan ke 4 dan 5 tidak bisa karna banyaknya batuan , selain itu tidak terdapat kandungan bahan organic yang membantu pertumbuhan perakaran.
21.  7.Tanaman yang bisa tumbuh di lahan antara lain padi,kelapa, pisang, mangga, nangka , jambu, talas, papaya , palem dan paku.
22.  8.Tanah pada lahan percobaan ini tidak mengandung bahan organic tetapi mengandung banya air.



5.2.Saran
1.      Sangat penting mengetahui kadar lengas tanah karena pengaruhnya yang besar terhadap pertanian. Oleh karena itu kita harus meningkatkan kemampuan kita mengenai kadar lengas ini serta cara penetapannya dengan baik. Hal ini akan membantu para petani untuk memajukan pertanian Indonesia melalui kita sebagai mahasiswa penyuluh.
2.      Setiap jenis tanah dijaga unsur-unsur haranya dengan cara selalu mengadakan pemeliharaan tanah dan tanaman sehingga bisa didapatkan produksi tanah yang baik. Sebaiknya dalam memilih lahan untuk mengolah pertanian harus memperhatikan masalah tekstur tanah. Sebab dengan melihat tekstur tanah, kita dapat mengetahui kandungan bahan organik yang sesuai dengan tumbuhan serta kemampuannya untuk menyimpan air.
3.      Dalam memilih tanah yang sesuai bagi tanaman, petani harus memilih struktur tanah yang stabil dengan pori-poriyang sesuai, pori mikro yang terisi air, dan pori makro yang terisi udara.
4.      Mengetahui pH tanah itu perlu, karena setiap tanah memiliki jenis pH yang berbeda. Dengan mengetahui pH tanah, kita dapat menentukan jenis komoditi yang cocok sebagai bahan tanam pada lahan tersebut agar hasil dapat maksimal.
5.      Sebaiknya petani harus mengetahui dan memahami konsistensi tanah  agar petani tau jumlah air dan oksigen yang di perlukan tanaman  untuk tumbuh dengan baik.
6.      Sangat penting untuk melakukan praktikum ini karna kita dapat mengetahui banyak hal mengenai mulai dari kadar lengas tanah, struktur , teksur ,Ph dan warna tanah untuk membantu para petani agar pertanin mju.Jadi perannya sangat penting di ladang pertanian selain bisa memilih dan mengelola tanah dengan baik juga membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman sehingga meningkatkan produksi pertanian.





DAFTAR PUSTAKA
Ali Hanafiah, Kemas. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Jakarta; CV Raja Grafindo                         Persada.
Ariyanto, Dwi.2010. Struktur Tanah. UNS. Surabaya. 

Asmiwarh.2010. Analisis kadar lengas tanah dengan metode Gips pada pertumbuhan       tanaman cabai. Jurnal teknologi Pertanian Andalas.vol.14.               .
Asmiwarti. 2010. Analisa Kadar Lengas Tanah dengan Metode Gips pada             Pertumbuhan Tanaman  Cabai. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas. Vol. 14.
           Buckmandan Brady, 2006. Batuan Pembentuk Tanah. Jakarta ; CV Rajawali.
Darmawijaya, M. Isa.2010. Klasifikasi Tanah. Universitas Gadjah Mada. Press.                           Yogyakarta.
Foth, H. D.,2009. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Edisi VI. Erlangga, Jakarta.
Foth,H.D.1994. Dasar-dasar ilmu tanah. University press. Yogyakarta
Hakim, N., M. Yusuf Nyapka, A.M. Lubis,dkk. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Tanah.                           Lampung; Universitas Lampung.
Hanafiah , Ali kemas.2004. Dasar-dasar ilmu tanah. Raja grafindo persada.Jakarta.
Hardejowigeno,s.1995. Ilmu tanah . Akademika Pressindo Jakarta.
Hardjawigeno, H. Sarwono. 2007. Ilmu Tanah. Jakarta: CV Akademika Pressindo.
Hardjowigeno, sarwono. 1997. Ilmu Tanah. Rineka Cipta. Jakarta.
Hardjowigeno,S. 1995. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Akademika Ressindo.             Jakarta.
Hardjowigeno. 2006. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Akadenika Pressindo,                             Jakarta.
Karta Saputra, Mulyani Sutedjo. 1997. Pengantar Ilmu Tanah. Rineka Cipta. Jakarta.
Madjid.2007. Dasar-dasar ilmu tanah. Gadja mada University press Yogyakarta.
Masganti,T. 2002. Metode Pengukuran Kadar Air Tanah Gambut. Jurnal Tanah dan        Air I : 42-48.
Mawardi,M. 2011.  Tanah, Air, Tanaman Asas Irigasi dan Konservasi Air. Bursa   Ilmu. Yogyakarta.
Muhsan, Darmawijaya .1990. Klasifikasi tanah . Gadja mada  University press                               Yogyakarta.
Pairunan. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri                   Indonesia Timur.
Sugeng, P. 2013. Pengukuran pH, Bahan Organik, KTK dan KB. Jurusan                                    TanahFakultas    Pertanian Universitas Beawijaya. Malang.                             
Sutanto,R. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Tanah Konsep dan Kenyataan. Kanisius.        Yogyakarta.
Tim asisten .2010 . Penentu dasar-dasar ilmu tanah .Jurusan ilmu tanah Fakultas                            Pertanian Universitas Hasanudin.Makasar.
Tjasyono, Banyong. 2008. Ilmu Tanah. UGM. Yogyakarta.
Yalius.1997. Dasar-dasar ilmu tanah . Badan kerjasama Perguruan Tinggi Negara                         Unjung Pandang





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Manajemen Pemasaran Tentang Strategi STP. ABDUL MUHLIS (C1G016001).

TUGAS (PRAKTIKUM) ANALISIS STRATEGI SEGMENTING, TARGETING & POSITIONING (STP) PRODUK APPLE Inc. OLEH:                                       NAMA : ABDUL MUHLIS                                       NIM     : C1G016001                                       PRODI : AGRIBISNIS UNIVERSITAS MATARAM 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana atas berkat, rahmat dan ridho-Nyalah saya dapat menyelesaikan Tugas (praktikum) mata kuliah Manajemen Pemasaran yang berjudul  “Analisis Strategi Segmenting, Targetting & Positioning (STP)” tugas ini berisi tentang Analisis Strategi STP Produk Apple Inc.  Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dan dosen yang telah memberikan dukungan kepada saya dalam menyelesaikan tugas (praktikum) ini. Saya menyadari kalau dalam menyusun tugas ini masih jauh dari kata sempurna . oleh sebab itu dengan hati yang terbuka , saya mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna kese